Tuesday, 28 March 2017

Plus-Minus Pacaran Sama Sahabat Sendiri (Pengalaman Pribadi!)

Jadi, sesuai apa yang gw janjikan di postingan gw yang sebelumnya, kali ini gw mau nulis sisi positif dan negatifnya pacaran sama sahabat sendiri. Jadi yang namanya pacaran sama sahabat sendiri itu ada bagusnya dan ada jeleknya juga lho. Jangan mikir enaknya doang atau mikir nggak enaknya doang. Biar agak fair, gw tulis 5 positif dan 5 negatifnya aja yaaa...

SISI POSITIFNYA:
1. Udah tau luar dalemnya kayak gimana.
Yang namanya sahabatan pasti kan udah tau sisi positif dan negatifnya. Jadi kamu nggak perlu takut dia begini atau begitu. Bersyukurlah kalo sahabatmu kayak si gendut (sahabat gw yang akhirnya jadi pacar gw ini). Dari dulu gw temenan, sahabatan, sampe musuhan, orangnya gitu-gitu aja. Nggak ganjen sama cewek, nggak playboy, paling cuma matanya doang jelalatan (dan sampe sekarang juga begitu! Sampe kalo lagi nyetir aja masih bisa ngeliatin cici cici pake rok mini! Huh!) Dan kamu nggak perlu susah payah lagi untuk mengenal dia lebih jauh. Si gendut udah pernah ngeliat gw dari gw masih culun sampe sekarang gw udah nggak culun. Dia tau muka gw saat bangun tidur dan muka gw saat udah pake makeup (karena gw suka bikin acara kampus di luar kota dan dia udah tau muka bantal gw). Gw juga tau beberapa kebiasaan dia. Nggak perlu nutup-nutupin lagi deh...

2. Nggak perlu jaim!
Bisa jadi apa adanya di depan dia itu menurut gw adalah suatu keuntungan! Nggak perlu lah yang namanya jaim lagi. Kentut waktu lagi sama dia juga gapapa tuh. Lagipula apa yang mau di-jaim-in sih? Toh juga udah tau luar dalemnya kayak gimana. Nggak perlu sok makan dengan porsi sedikit kalo lagi sama dia, nggak perlu malu tentang ini itu, dan yang pastinya nggak perlu pura-pura! Dia udah tau muka asli gw dan gw nggak perlu ribet pake makeup. Dia udah tau gw kalo meluk guling pasti langsung ngantuk. Dia udah tau kalo porsi makan gw banyak.Dan gw nggak perlu nutupin semua itu. Bener-bener suatu keuntungan buat gw!

3. Nyaman.
Rasa nyaman yang dirasain saat masih sahabatan sampe pada akhirnya jadi pacar itu pasti akan selalu ada. Tenang aja. Bahkan kalo gw, sejak pacaran sama si gendut malah gw jadi semakin nyaman. Nggak ngerti kenapa, pokoknya nyaman aja. Yang dulunya bersandar di pundaknya rasanya nyaman, sekarang malah terasa lebih nyaman. Entahlah, Yang pasti rasa nyaman itu selalu ada, walaupun kadang ya ada rasa-rasa lain juga (misalnya: dibikin nangis karena keinget mamah, lalu dia peluk sampe gw berhenti nangis). Tapi beneran deh, rasa nyaman itu nggak perlu susah-susah dicari lagi, karena akan selalu ada #eaaa

4. Udah kenal keluarga.
Ya kalaupun memang dulunya nggak kenal keluarga, setidaknya udah tau lah gambaran soal keluarganya. Misalnya si gendut ini, dia belum sempet ketemu mamah karena mamah udah keburu meninggal, tapi dia udah tau gambaran soal mamah. Dan dia tau keluarga gw kayak gimana. Dia tau latar belakang keluarga gw. Dia tau asal usul keluarga gw kayak gimana. Dan kakak gw pun tau soal si gendut karena kakak gw tau kalo si gendut ini temen deket gw waktu kuliah, dan kakak gw sedikit banyak tau soal si gendut. Nggak perlu ribet-ribet lagi ngenalin ke keluarga lah. Tapi ya sebenernya ada sisi negatifnya sih. Kalo misalnya orangtuanya tau kamu sebagai sahabatnya kemudian malah jadi pacar, malah bisa jadi orangtuanya jadi beda. Tergantung keluarganya juga sih...

5. Nggak perlu milih antara temen atau pacar.
Karena temennya adalah temen kita juga. Kan ada tuh orang yang pacaran sampe nyuruh milih antara temen atau pacar. Biasanya mau jalan sama temen, si pacar malah marah. Ada kan yang kayak gitu? Nah kalo sahabat jadi pacar, nggak perlu takut sama hal kayak gini, karena biasanya temennya adalah temen kita juga. Nongkrong ya tinggal nongkrong. Jalan ya tinggal jalan. Nggak perlu pake acara nyuruh milih segala. Ya walaupun nanti pada akhirnya akan beda sih sikap kita saat nongkrong bareng temen-temen yang lain. Tapi tergantung gimana kita membawa diri aja. Kalo lagi nongkrong bareng ya nggak perlu lah romantis-romantisan. Masalah romantis itu kan nggak perlu diumbar di publik hehe :P

Tapiii, dibalik segala sisi positif itu, ada beberapa SISI NEGATIF juga, diantaranya:

1. Persahabatan jadi rusak!
Mungkin lebih tepatnya bukan rusak sih ya, cuma beda aja gitu. Yang tadinya bercandaan dengan bebas malah sekarang jadi sok sok imut gitu. Udah gitu, bisa aja kalian jadi canggung. Ya biasanya juga keplak-keplak kepala, eh sekarang malah elus-elus kepala. Beda aja gitu. Gw juga ngalamin ini sih. Yang dulunya nggak kenapa-kenapa kalo dikeplak palanya, dicubit pipinya sampe sakit, dll malah sekarang bawaannya kesel kalo dia ngeresein gw. Kemaren aja sampe marah cuma gara-gara dilempar pake bola-bolaan. Ya pokoknya agak beda sih rasanya...

2. Nggak bisa curhat kayak dulu.
Sekarang gini deh, dulu gw paling sering curhatin masalah cowok ke si gendut. Sekarang cowok gw malah si gendut. Terus gimana gw mau curhat? Curhatin tentang si gendut ke si gendut? Aneh sih iya! Yang biasanya curhat sama dia dengan bebas, sekarang curhatnya jadi beda. Jadi canggung. Kalo lagi kesel sama dia, curhatnya piye? Udah gitu ada hal-hal yang pada akhirnya susah buat dicurhatin sama dia. Misalnya, masalah keluarga. Intinya curhatnya udah ga bisa sebebas dulu deh.

3. Lebih sering berantem
Karena pada dasarnya ada beberapa hal yang masih bisa ditolerir saat masih sahabatan tapi susah ditolerir saat udah jadi pacar. Jadi gini, misalnya masalah gw sama si gendut. Kita sama-sama cemburuan. Jadi sekarang ketika gw ngomongin mantan, dia marah. Dan ketika dia ngomongin mantan, gw juga marah. Pasti ada aja hal sepele yang tadinya nggak kita permasalahin saat masih sahabatan pada akhirnya menimbulkan masalah buat kita yang sekarang statusnya pacaran. Tapi ya tergantung dari keduabelah pihak sih ya...

4. Lebih gampang baperan!
Karena sekarang udah jadi pacar, makanya kadang hal yang dia lakuin bisa bikin kita lebih sensitif. perhatiannya kurang aja malah bikin jadi sensi dan baper sendiri. (pengalaman pribadi. gw udah pernah nangis di mobil pas dia diemin gw dan gamau cerita tentang masalahnya dia). Udah gitu entah kenapa bisa aja bikin jadi sensitif gitu...

5. Konfliknya adaaaa aja!
Masalah sepele yang tadinya emang sepele pada akhirnya bikin jadi konflik. Yang tadinya pas sahabatan ga dipermasalahin, ketika pacaran bisa aja jadi suatu masalah. Contoh: pas masih sahabatan, gw ini suka ngeyel banget kalo dikasihtau. Terus pas udah pacaran pun masih juga ngeyel. Terus pas masih sahabatan, dia masih agak nyantai kalo gw susah dibilangin. Tapi sekarang? Busetdeh bisa dibikin nangis gw cuma gara" dia sampe jengkel kalo gw susah dikasihtau. Padahal masalahnya sepele. Gw suka telat makan, atau makan kebanyakan, atau maag gw kambuh, gw ga tidur semaleman, atau gw tidur kelamaan. Tapi feedbacknya bisa jadi bedaaa banget antara pas sahabatan dan udah jadi pasangan!

Jadi ya begitulah pertimbangannya. Kalo siap dengan hal" yang gw sebutkan, well, congrats ya! Tapi kalo ga siap, ya itu urusan kalian lah ya hahaha :D

xoxo

Sahabat Jadi Cinta?

Akhirnya gw kembali lagi di blog kesayangan ini!!!

Walaupun udah berdebu (tadi abis dibersihin debunya hahaha!) dikarenakan gw nggak pernah lagi buka buka blog gw ini karena sibuknya gw dengan segala macem urusan.

Kali ini gw mau nulis tentang sahabat jadi cinta (sahabat jadi pacar sih sebenernya) :P

Jadi begini, beberapa bulan yang lalu, gw sempet ketemu sama seorang kawan dari seorang kawan (alias temennya temen) dan sempet ngobrol panjang lebar. Sebut saja namanya Aldo. Aldo ini sempet cerita kalo dia pernah pacaran sama sahabatnya sendiri. Tapi ya begitulah, menurut gw yang namanya sahabat jadi pacar itu biasanya ujung-ujungnya nggak enak kalo akhirnya nggak jodoh. Tapi kata Aldo, yang gw bayangkan itu ga seburuk apa yang dia alami.

Dan ternyata hal ini kejadian juga di gw!!!

Gw punya seorang sahabat. Sebutlah dia si gendut.

Gw awalnya ketemu dia karena kita satu kampus, satu fakultas, satu jurusan, dan satu kelas. Gw kenal dia pas inagurasi tahun 2010 (acara kampus gitu deh), dan gw kenal sama si gendut karena dia tau lagu-lagunya Yngwie Malmsteen. Dan kita dengerin lagu Yngwie Malmsteen bareng gitu deh...

ini tersangkanya yang udah bikin gw kenal dan ngobrol sama si gendut waktu jaman inagurasi kampus!

Awalnya kita temenan biasa. Tapi lama kelamaan kita deket. Bukan deket ala ala PDKT, tapi deket kayak temen deket gitu. Si gendut ini suka nyontekin gw, suka minta dibikinin tugas sama gw, dan suka nelpon gw juga. Sebenernya sih suka ledek-ledekan gitu. Gw juga suka curhat sama dia, entah itu masalah kuliah, masalah keluarga, atau masalah cowok.

Si gendut ini juga orang yang ada waktu mamah meninggal. Bayangin, pacar gw saat itu aja nggak dateng pas mamah disemayamkan di rumah duka. Malah si gendut dateng bersama para gerombolan (Yosel, Vivi, Cindy, dkk. Pokoknya orang-orang yang gw anggep beneran temen deh!) Dan si gendut ini emang sering banget jadi pelampiasan curhat gw.

Dan si gendut ini yang pernah nemenin gw jalan malem-malem ke Taman Suropati dan saat itu juga gw mergokin cowok gw bohong, sampe gw akhirnya putus sama si kampret itu.

Intinya, si gendut ini cowok yang dulu sering ada buat gw lah...

Tapi kita sempet jauh-jauhan dan nggak berkomunikasi sama sekali. Gw nya sibuk kerja dan gw sibuk mau meniti masa depan sama mantan gw (yang ternyata emang bajingan juga dan emang tukang selingkuh) dan gw akhirnya sempet nggak komunikasi sama sekali dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Entah ada angin apa, pada suatu saat gw lagi di kantor tiba-tiba ada bbm, dan ternyata bbm itu dari dia. Akhirnya kita berkomunikasi lagi deh. Sempet ketemu juga malahan. Sempet ke La Piazza bareng, nonton bareng, nongkrong bareng juga.

Dan setelah 7 tahun lebih kita berteman, akhirnya kita sekarang jadi sepasang kekasih.



Gw sendiri nggak ngerti kenapa pada akhirnya gw bisa sayang sama dia, walaupun awalnya ada denial dari diri gw sendiri. Awalnya gw nggak mau ngebiarin hati gw lemah dan gw nggak mau jadi sayang beneran sama dia. Tapi pada akhirnya, gw jadi sayang beneran. Bukan sayang sebagai teman lagi, tapi sayang ke lawan jenis.

Jujur aja, si gendut ini tidak memenuhi semua kriteria yang pernah gw sebutin di salah satu postingan gw. Dia agak fanatik masalah agama, dia suka binatang tapi nggak suka kuciing, dia nggak bisa main alat musik, dan dia nggak punya hobi yang sama kayak gw. Tapi entah kenapa, akhirnya gw kepincut juga sama si gendut.

Dan si gendut ini nggak ada romantisnya sama sekali!!!

Sempet gw kasih kode ke dia biar dia bawain gw bunga, tapi responnya cuma, "cari aja cowok lain yang mau kasih kamu bunga!" Dan sempet juga gw kodein dia biar romantis dan responnya cuma, "lah dari dulu mana ada aku romantis-romantisan? Sama mantan juga nggak pernah!" dan sebagainya. Dan dia ini cuek banget tapi jealousannya bukan main!

Tapi beneran deh, gw nggak ngerti kenapa pada akhirnya gw sayang setengah hidup sama dia.

Sebenernya nggak ada yang salah sih dengan kalimat sahabat jadi cinta. Karena pada akhirnya gw ngerasain sendiri rasanya kayak gimana. Dan nanti gw akan nulis tentang sisi positif dan negatif pacaran sama sahabat sendiri. Siapatau bisa jadi bahan pertimbangan buat kalian hehe :D

bonus: foto selfie si gendut bersama si gendut :P

See you! xoxo

Friday, 3 February 2017

Cowok Yang harus Dihindari! [KHUSUS WANITA] - EXPLICIT CONTENT!

Jadi begini, sebagai orang yang cukup tinggi jam terbangnya dalam hal percintaan, gw semakin lama semakin belajar dan tau mana yang tulus, mana yang modus. Gw juga tau mana yang mau serius dan mana yang cuma mau bobo bareng.

Bahkan ada juga cowok-cowok yang keliatannya suka banget sama si cewek tapi ternyata dia cuma manfaatin ccewek itu untuk seks doang. Makanya harus banyak-banyak observasi. Jangan gampang terlena dengan omongan cowok. Kalo kalian, wahai para wanita, belum yakin apakah si cowok ini beneran suka sama kalian atau si cowok ini cuma mau 'ditemenin bobo' sama kalian, sebaiknya kalian baca hasil observasi gw ini...

1. Omongannya selalu 'menjurus'
Jadi misalnya kalian lagi ngobrol biasa, terus si cowok malah omongannya jadi 'menjurus', berarti harus diperhatikan bahwa ini adalah pertanda pertama kalo dia cuma manfaatin lo untuk seks. Contohnya kayak gimana tuh? Misalnya dia nanya, "kamu udah makan belom?" terus lo jawab, "udah nih." dan si cowok nanya lagi, "makan apa?" terus kamu jawab "makan sosis" dan si cowok tiba-tiba bilang, "kalo sosis aku, kamu mau nggak?" Ewww... Jijik sih iya!

2. Dia seringkali ngehubungin ketika malam hari aja
Kalo siang nggak ada kabarnya. Tapi kalo malem malah gencar banget ngehubungin lo. Bahkan kadang ngajak ketemu kalo malem hari. Apa lagi namanya kalo bukan booty call? Udah gitu cowok ini nggak suka ngobrol sama lo. Biasanyaa kalo ngobrol sama lo, matanya kemana-mana. Hati-hati sama cowok tipe ini!

3. Dia cuma muji penampilan lo!
Emang sih cewek mana yang nggak suka dipuji? Tapi perhatiin juga, apa yang dia bilang. Kalo dia muji penampilan lo doang, muji body lo doang, dan nggak pernah muji kepintaran lo, atau muji wawasan lo yang luas, bisa jadi dia cuma melihat lo sebagai OBJEK doang!

4. Dia nggak mau ngenalin lo ke temen-temennya
Kalo dia mau serius sama lo, dia pasti bakalan ngenalin lo ke keluarga dan temen-temennya. Kalo lo minta ngikut sama dia buat jalan bareng dia dan temen-temennya dan dia nggak ngijinin lo, wah berarti lo harus waspada!!!

5. Dia maksa lo buat berhubungan seksual sama dia
Nih ya, kalo emang tuh cowok menghargai lo sebagai seorang wanita, pasti dia bakalan nunggu sampai tiba saat yang tepat untuk berhubungan seksual sama lo. Bukan malah maksa gitu! Kalo dia cuma mau ML sama lo, biasanya dia maksa lo untuk melakukan hal yang nggak mau lo lakuin. Kalo nggak dikasih biasanya dia sok ngambek. Biasanya sok ngasih rayuan maut. Hati-hati nih sama spesies macem ini!

6. Dia RAMAH banget!
Ramah? Iya. RAjin menjaMAH. Dikit-dikit megang tangan lo. Lagi jalan langsung megang pinggang lo. Nggak ada angin nggak ada hujan, dia meluk-meluk lo. Yang kurang ajar kalo dia tiba-tiba megang pantat lo atau toket lo. Nggak wajar banget deh. Yang macem gini mah kalo tangannya mendarat sembarangan mending langsung dihajar aja haha

7. Dia nggak akan cuddling sama lo setelah dia berhasil ML sama lo
Biasanya setelah dia berhasil ML sama lo, dia bakalan munggungin lo, langsung tidur. Nggak ada ceritanya dia cuddling sama lo. Pasti dianya bodo amat deh.

8. Dia nggak akan ngebiarin lo meninggalkan sesuatu barang apapun di tempatnya dia!
Entah itu gelang lo, cincin lo, atau apapun lah itu. Intinya dia nggak mau lo meninggalkan sesuatu yang bikin dia bakalan harus menemui lo lagi suatu hari nanti!

9. Obrolan kalian seringkali nggak jelas!
Lo nggak banyak tau soal temen-temennya dia, lo nggak tau hobinya dia apa, lo nggak tau hidupnya dia seperti apa, lo nggak tau apa-apa tentang dia lah pokoknya! Kalaupun lo tau tentang dia, biasanya itu hasil stalking lo di social media nya dia!

10. Dia nggak suka foreplay sama lo!
Dia juga pasti egois banget kalo ML sama lo! Dia bakalan mementingkan kepuasannya sendiri daripada kepuasan pasangannya! Udah gitu dia nggak bakalan mau foreplay sama lo. Nggak ada yang namanya pemanasan sebelum bercinta. Pokoknya dia itu nggak banget lah!

11. Dia nggak akan bikin rencana sama lo!
Nih ya, kalo dia emang tertarik sama lo, dia nggak akan ngajak ketemu dadakan terus sama lo. Pasti dia merencanakan sesuatu dengan matang kalo dia emang tertarik sama lo.

12. Dia nggak akan ngebiarin lo nginep di tempatnya dia
Kalaupun misalnya lo ketiduran, pasti dia bakalan bikin lo harus bangun pagi-pagi dan segera cabut. Dia nggak bakalan suka melihat wajah lo saat dia membuka mata waktu dia bangun tidur. Bajingan? Iya. Intinya dia cuma mau seks! Nggak bakalan lebih!

13. Dia selalu bilang kalo dia nggak mau pacaran dulu
Ini paling basi! Dia bakalan bilang kalo dia lagi nggak mau pacaran dulu. Dia bakalan bilang kalo dia masih mau main-main. Dia bakalan bilang kalo dia belum siap berkomitmen, bla bla bla. Tipe yang macem ini emang nggak pantes buat wanita macem kita yang berkelas, ladies!!!

14. Dia bakalan tiba-tiba menghilang selama beberapa hari
Setelah udah pernah ngedate sama lo, terus bahkan udah pernah 'bobo' bareng lo, dia bakalan tiba-tiba menghilang selama beberapa hari kalo lo ngehubungin dia. Telepon nggak diangkat, line dan whatsapp nggak dibales, social media nya aktif tapi nggak pernah ngehubungin lo balik, dll. Udah gitu alesannya pun banyak. Sibuk kerja lah, banyak kerjaan lah, sibuk kuliah lah, banyak tugas lah, ini lah, itu lah. Padahal emang sengaja menghilang.

15. Dia bakalan minta foto 'syur' lo!
Emang dasar tujuannya negatif, jadi dia minta yang aneh-aneh sama lo. Salah satunya ya ini. Minta foto syur! Awalnya paling minta selfie lo, terus abis itu malah minta foto syur lo. Bukan main emang pria macem gini. Udah gitu kalo nggak dikasih langsung ngambek. Kalo dia ngambek, yaudah cuekin aja bray!

16. Dia nggak akan bayarin makanan lo atau apapun
Kalo ini buat cowok yang nggak modal nih. Paling keterlaluan kalo dia ngajakin lo jalan tapi dia nggak mau bayarin lo. Masih mending sih kalo bayar masing-masing. Lah kalo minta dibayarin? Tampolin aja!

17. Dia nggak akan ngomongin masa depan sama lo. Boro-boro ngomongin masa depan deh. Dia nggak akan banyak ngomong masalah kalian berdua. Kalian nggak akan peduli sama hidup lo, masa depan lo, hubungan lo, dll. Bahaya deh pokoknya cowok yang macem gini. Lo harus hati-hati deh pokoknya.

Jadi, ladies, kurang lebih begitulah cowok-cowok yang harus dihindari. Buat apa sih menghabiskan waktu dengan orang yang salah? Buat apa menghabiskan waktu buat orang yang ujung-ujungnya nggak ada masa depannya sama kalian? Mending fokus sama hidup kalian sendiri kan? :p

Monday, 19 September 2016

Panna Cotta with Mango Puree. Yum!

Jadi beberapa hari yang lalu, gw di rumah iseng bikin panna cotta. Apaan sih tuh panna cotta? Jadi panna cotta ini adalah makanan pencuci mulut sejenis pudding dari susu, krim, dan gelatin yang berasal dari Italia.

Berhubung gw nggak beli heavy cream, alhasil gw bikin panna cotta dari susu full cream! (Maaf ya buat para orang itali, mungkin ini sejenis penghinaan bagi kalian)

Jadi, bahan apa yang gw pakai?

Susu full cream merk ultra kurang lebih setengah liter
Agar-agar swallow yang bening (karena gw nggak punya gelatin) kurang lebih 2 sdm
Gula 1 sdm
Garam sejumput (bener-bener sejumput dan dikiiit banget) supaya rasanya nggak terlalu manis

Jadi pertama-tama, panaskan susu full cream. Kalau sudah mulai ada bubble nya, masukin agar, gula, dan garam lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih. Matiin kompor, lalu masukkan ke cetakan. Tunggu 15 menit sampai tidak terlalu panas lalu masukkan kulkas.

Udah gitu doang. Gampang kan? Haha!

Yang bikin panna cotta ini jadi istimewa itu karena mango puree nya. Jadi gw bikin panna cotta itu pagi-pagi. Nah malemnya, tiba-tiba gw dibawain oleh-oleh berupa mangga! Alhasil gw jadi seneng banget karena panna cotta gw bakalan jadi wow. Untuk bikin mango puree nya ini gampang banget! Cuma perlu 1 buah mangga ukuran sedang, air perasan lemon 1 sdt, dan gula 1 sdt.

Cara bikinnya, kupas mangga, potong dadu, lalu masukkan ke saucepan. Abis itu masukkin air perasan lemon dan gula. Aduk-aduk. Abis itu tinggal disaring dan dituang ke atas panna cotta yang tadi udah dibikin.

Dan hasilnya kayak gini:


Simple, sederhana, murah, gampang, dan ENAAAKKK! Yum!

Sunday, 4 September 2016

Mari Berbuat Baik! (Edisi Curhat Lagi)

Oke jadi gini ceritanya...

Kurang lebih bulan lalu, gw nulis di facebook mengenai alasan gw kenapa gw suka kasih makan stray cat alias street feeding. Dan ternyata tulisan gw di share lebih dari 2.3K shares! Bahkan tulisan gw ini dimuat di tribun news jogja (sumpah itu mas-mas nya kenapa nggak nge wawancarain gw langsung aja sih? Haha!) Gw juga nggak nyangka, secara awalnya ada aja gitu yang kasih komentar nggak ngenakin, sampe segala nyuruh gw ngeganti pola pikir gw lah, apa lah. Heran. Tapi gw mah masa bodo. Karena menurut gw, yang penting ambil aja sisi positifnya. Nah jadi tulisan originalnya tuh begini...


Beberapa teman saya sering bilang, "kenapa sih lo suka ngasih makan kucing? sampe kadang lo belain beli makanan kucing padahal lagi tanggal tua. Udah gitu kucing jalanan juga suka lo kasih makan. Kan mendingan lo traktir kita aja!"
Jawabannya sederhana:

1. Duit 50rb bisa buat kasih makan banyak kucing sedangkan buat manusia, duit segitu cuma bisa buat makan 3-4 orang di warteg.
2. Kebanyakan manusia (inget ya, kebanyakan tapi bukan semua) ada buat kita saat kita lagi "ada" doang. Coba kalau binatang? Mereka nggak akan memandang apakah kita orang "punya" atau bukan..
3. Manusia lebih sering ngelunjak daripada kucing. Kucing tuh ngelunjaknya apa sih? Paling meong" minta makan dan ngusel-ngusel sama kita aja. Separah-parahnya ya palingan nyolong ikan atau daging.
4. Kucing kalo nyari makan sendiri biasanya ngubek-ngubek tempat sampah, makan seadanya atau mantengin tukang pecel ayam. Kadang dikasih manusia kadang nggak. Kadang malah ditendang sama manusia padahal dia cuma lapar minta makan. Perjuangan mereka untuk makan kadang bikin mereka disakiti manusia. Jarang ada manusia yang baik sama kucing. Lebih baik saya kasih mereka makan makanan yang layak bagi mereka kan?
5. Terlalu banyak kucing yang nggak salah apa-apa tapi ditendang, diusir, dipukul, bahkan banyak kasus kucing diracun sama manusia. Hidup mereka lebih keras daripada manusia! Untuk cari duit dan masak juga nggak bisa. Kita sebagai manusia juga harusnya ingat untuk memberi kepada makhluk hidup lainnya.
6. Sudah terlalu banyak manusia yang tidak tahu terimakasih. Kalau kucing kita kasih makan dan nggak bilang terimakasih itu wajar! Karena mereka nggak bisa berbahasa manusia!
7. Apa salahnya ngasih makan kucing makanan yang layak bagi mereka sih? Toh juga kita nggak bakalan miskin hanya dengan ngasih makan kucing! Sekedar info, ada makanan kucing merk maxi dan universal yang sekilo nya cuma 30rb! Kita nggak perlu kasih mereka makanan mahal macem royal canin atau science diet kok. Makanan kucing yang murah pun mereka suka!
8. Saya sering kasih makan buat kucing itu supaya bisa jadi contoh juga bagi orang-orang agar sayang sama hewan apapun. Kalau di indo banyak anjing jalanan juga saya pasti sering kasih mereka makan. Saya bukannya mau pamer kalau saya sayang sama binatang. Saya cuma mau jadi contoh yang baik, apalagi kalau ada anak-anak kecil. Anak-anak kecil itu perlu contoh yang baik, bukan yang jahat.
9. Pernah terpikir nggak kalau kita yang jadi kucing? Belum tentu kita bisa mengais-ngais tempat sampah, nongkrongin tukang pecel ayam maupun seafood demi dikasih makanan sisa kan?
10. Banyak kucing yang sejak lahir ditinggal induknya dan harus struggle sendiri cari makan. Kalau manusia? Ada panti asuhan. Dikasih makan. Lah kalau kucing? Cari makan sendiri! kadang harus berebut sama kucing lain pula.

Intinya, berbuat baik nggak harus sama manusia. Sama binatang pun kita harus berbuat baik. Kalau kita tidak bisa ngasih mereka makan, tidak bisa merawat mereka, setidaknya jangan sakiti mereka! Saya sering kasih makan kucing-kucing karena saya tahu keterbatasan saya yang nggak bisa menampung mereka. Mungkin kalau saya nanti sudah mapan, sudah selesai studi, dan sudah punya pekerjaan tetap saya akan bikin shelter untuk mereka. Tapi sekarang belum saatnya. Saya hanya bisa sebatas berbuat baik ke mereka dan memberi mereka makan...

Untuk yang tidak setuju dengan tulisan ini, silahkan. Saya nulis postingan ini karena pengalaman saya juga. Bagi yang berpikir, "kalau kita kasih makan kucing-kucing, nanti dia malah beranak terus. Bikin repot!" Kalian salah besar. Kucing mau kita kasih makan atau nggak, merekaa tetap akan bisa berkembang biak. Mereka akan tetap beranak. Oleh sebab itu, untuk menekan angka populasi kucing liar butuh adanya sterilisasi, agar mereka tidak terlalu sering beranak. Lagipula menurut saya hal itu bukan alasan untuk menyakiti mereka. Bukan alasan untuk membiarkan mereka kelaparan.

Sejak kecil saya diajarkan untuk "pekaa" terhadap sesama. Saya lebih sering memposisikan diri saya pada posisi orang lain maupun makhluk lain. Karena saya sering berpikir bahwa saya cukup beruntung dan hidup lebih enak daripada yang lainnya, makanya saya sadar untuk menolong sesama dan berbuat baik kepada makhluk hidup lainnya. Saya memang bukan orang paling baik di dunia. Saya juga banyak berbuat jahat, menyakiti hati orang, dll. Namun saya selalu berusaha untuk berbuat baik, apapun itu caranya, menurut cara saya sendiri.

Melalui postingan ini, saya harap banyak pembaca yang sadar bahwa berbuat baik tidak hanya kepada sesama manusia, namun juga kepada sesama makhluk hidup. Untuk poin nomor 2, 3, dan 6 mungkin banyak yang tidak setuju. Saya bukannya bermaksud untuk secara tidak langsung mengatakan bahwa manusia itu jahat, tidak tau terimakasih, ngelunjak, dan ada disaat kita "punya" saja. Saya tidak bermaksud begitu. Saya hanya menulis postingan ini berdasarkan pengalaman saya saja. Bukannya saya bermaksud pamrih, minta dibalas, dll. Saya tetap berbuat baik kepada sesama, saya tetap menolong mereka yang kesusahan. Sejak kecil saya dididik untuk menolong orang lain oleh keluarga saya. Namun terkadang ada masanya dimana kita terlalu sering diberikan hal-hal buruk sebagai balasannya dari mereka. Saya hanya terkadang merasa sedih dan kecewa. Makanya saya tuangkan sedikit perasaan itu lewat tulisan saya. Sekali lagi, no offense ya.

Semoga kita bisa senantiasa berbuat baik kepada sesama makhluk hidup! :)