Friday 1 July 2016

Beberapa Alasan Kenapa Gw Sering Melewatkan Acara Bukber

Nggak kerasa minggu depan udah mau lebaran aja. Dan nggak ngerasa juga kalo tahun ini gw nggak ikutan bukber sama temen-temen gw. Bukannya gw sombong atau gimana, tapi gw punya alasan tersendiri kenapa gw maleeees banget dateng buka puasa bareng temen-temen gw.

Kenapa? Yang pertama, bisanya buka puasa bareng itu hanya sekedar wacana. Biasanya udah planning beberapa hari sebelumnya tapi pas hari H ujung-ujungnya yang dateng cuma sedikit. Hal ini udah gw alami beberapa kali, sejak beberapa tahun yang lalu. Kadang udah booking tempat, eh nggak taunya yang dateng nggak sesuai dengan jumlah yang dibooking. Sedih rasanya sampe ke ubun-ubun...

Yang kedua, karena kadang pilihan tempat berbuka nya nggak sesuai dengan kemauan kita. Emang sih gw bukan picky eater yang kalo makan itu milih-milih. Tapi beneran deh, kadang gw nggak mau makan di tempat tertentu. Yang namanya bukber itu kan ajang buat buka puasa bareng sama temen-temen. Makan bareng. Tapi kalo ujung-ujungnya nggak makan, piye?

Yang ketiga, bukber seringkali dijadikan ajang untuk reunian. Tau sendiri dong yang namanya reuni? Ketemu temen lama, bahkan kadang ketemu mantan pacar, atau mantan gebetan. Kadang kita kan belum siap untuk ketemu orang dari masa lalu. Ujung-ujungnya udah susah-susah move on, eh pas ketemu orangnya malah jadi keinget lagi masa lalu yang pernah dihabiskan berdua sama si doi. Bukannya gw nggak dewasa atau gimana karena nggak mau ketemu mantan, tapi yang namanya ketemu mantan itu memang dibutuhkan kekuatan ekstra!

Yang keempat, bukber itu suka dijadikan ajang pamer dan bikin orang kaget. Misalnya, ketika ada kabar kalo temen lo yang dulunya pernah nggak naik kelas ternyata malah kuliah di luar negeri, lalu sekarang jadi manager, sedangkan lo yang dulunya ranking satu di sekolah malah sekarang cuma kerja kantoran biasa, atau bahkan mungkin jadi pengangguran. Terus kadang ada aja kabar temen lo baru dilamar dan pamerin cincin tunangannya yang pake wittelsbach-graff diamond yang harganya diatas 100 milliar IDR. Atau bahkan kabar kalo temen lo yang udah nikah akhirnya ngasih kabar resmi bahwa dirinya hamil kemudian nunjukkin perut buncitnya. Bukannya sirik atau gimana nih, tapi kadang kita yang nggak lebay-lebay amat pada akhirnya harus teriak kegirangan ala ala temen kita yang lain. Not my style!

Yang kelima, bukber adalah ajang buat ngomongin orang! Berani jamin deh, pasti ujung-ujungnya kalo lo ngumpul sama temen-temen lo, biasanya bakalan ngomongin orang! Entah itu temen lo yang nggak ikutan bukber, musuh bebuyutan di masa lampau, saingan di kelas, temen lo yang sok kaya padahal rumahnya di gang, temen lo yang super cantik tapi pada akhirnya jadi simpanan om-om, pacar barunya mantan temen lo yang mukanya kayak pembantu, atau apalah. Kadang ada masanya dimana kita males ngomongin orang karena masalah hidup kita juga udah banyak.

Yang keenam, kadang kalo udah ngumpul sama temen-temen, pasti ada aja yang autis sama gadget. Dan yang namanya autis sama gadget itu menular!!! Gw pun kadang mengalami hal ini. Waktu masih punya pacar #uhuk, gw pasti ujung-ujungnya ngabarin si pacar dan tiap beberapa menit sekali pasti hpnya bunyi, entah itu sms, bbm, whatsapp, line, atau telepon. Kitanya kadang cuma beberapa menit sekali buka hp, tapi pasti ada juga temen lo yang autisnya kelewatan. Sampe main COC atau Candy Crush waktu lagi ngumpul sama temen. Ujung-ujungnya kita juga bingung mau ngomong apaan, dan akhirnya untuk mengatasi kecanggungan itu, kita jadi ikutan autis.

Yang ketujuh, beneran sibuk. Kadang kita udah bilang bisa, tapi ternyata kerjaan masih banyak maupun ada urusan yang lebih penting. Kadang pasti temen lo ada yang nggak percaya, dan akhirnya bilang lo nggak asik maupun sombong. Lah yang lain mungkin kerjaannya enak, jam kantor 9 to 5. Tapi buat yang kerjaannya banyak, kadang harus keluar kota, kadang harus ketemu klien, dan sebagainya itu gimana? Tiap orang kan punya prioritasnya masing-masing...

Yang kedelapan, buka puasa itu lebih enak bareng keluarga sendiri. Udah gitu, kalo buka puasa bareng keluarga biasanya lebih hemat karena biasanya makan di rumah. Kalaupun makan di luar, biasanya nyokap bokap yang bayarin. Intinya, lebih hemat. Coba kalo buka puasanya bareng temen-temen lo? Udah gitu makannya biasanya di mall, kadang di tempat makan yang harganya lumayan mahal. Belom lagi kalo lo dipalakin sama temen lo buat bayarin (ini sering banget kejadian sama gw).. Cara paling aman buat menghemat ya dengan cara nggak ikut buka puasa bareng temen-temen lo! Haha.

Yang kesembilan, kadang buka puasa itu ujung-ujungnya buat menghabiskan waktu doang. Ujung-ujungnya pulang malem. Kadang di rumah ada yang udah nungguin, tapi lo malah pulang sampe larut malam karena keasikan ngumpul sama temen-temen lo. Tujuannya buka puasa bareng, tapi sampe isya juga masih ngumpul, bahkan kadang sampe jam 10 lewat, padahal lo besok masih harus kerja. Ini nih yang kadang bikin gw males dateng bukber. Kalo mau ijin pulang duluan biasanya malah ditahan sama temen-temen lo. Kadang versi ekstrimnya tuh hp lo sampe diumpetin temen-temen lo biar lo nggak bisa pulang (itu contoh yang namanya temen kampret). Kadang dibilang nggak asik lah, sok sibuk lah, cupu lah, apalah bla bla bla itu. Sedih kan?


Jadi, bukannya kita sombong, sok, atau apalah itu. Kita punya alasan tersendiri kenapa kita nggak mau ikutan buka puasa bareng. Kita juga mau ngumpul sama temen-temen dan buka puasa bareng, tapi kalo ujung-ujungnya nggak ngenakin ya kitanya juga males...

No comments:

Post a Comment