Monday 8 February 2016

Chi Cong Fan ala Medan

Apa ada dari kalian yang pernah makan makanan yang namanya chi cong fan? Atau jangan-jangan ada dari kalian yang doyan makanan itu? Kalo iya, berarti kita sama! :D

Chi cong fan itu makanan apa sih? Nah, chi cong fan itu adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan tepung tang mien. Teksturnya agak mirip kwetiau tapi lebih tipis, dan biasanya dipotong-potong lalu disuguhkan bersama kecap asin dan saus asam manis pedas yang konsistensinya kayak air dan ditaburi bawang goreng.

Biasanya chi cong fan (atau chee cheong fun dalam dialek kanton) ini kalo di Jakarta dijualnya pakai sepeda. Biasanya dijualnya di sekolah-sekolah atau di gereja-gereja. Chi cong fan juga biasanya ada 'pelengkap'nya, berupa uyen, chai thau kwe, lumpia, dan siomay.

Uyen itu apa? Uyen itu adalah talas yang 'diserut' lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng. Ada chai thau kwe yaitu lobak goreng yang bentuknya kotak. Kalau lumpia dan siomay kalian udah tau lah ya :D
ini dia chi cong fan bersama pelengkapnya :D

Gw biasanya beli chi cong fan lengkap pakai lumpia, uyen, chai thau kwe, dan siomay. Dan harganya cuma 15.000 IDR doang! Ulalaaa~ dan gw kenyang banget kalau makan chi cong fan lengkap!

Di Jakarta sih ga banyak abang-abang yang jualan chi cong fan. Populasi abang mie tektek masih jauh lebih banyak daripada abang penjual chi cong fan :P Gw juga cuma bisa beli chi cong fan ini seminggu sekali, kalo hari Minggu doang. Kebetulan gw udah bertahun-tahun nggak makan chi cong fan, dan gw mendadak kangen. Eeeh malah akhirnya jadi nostalgia masa kecil dulu hehe.

Aku cinta chi cong fan! :P

No comments:

Post a Comment