Sunday 3 July 2016

Cireng Isi Sosis Versi DIY :D

Dikarenakan hormon gw yang lagi nggak stabil, terutama hormon leptin gw yang rendah dan bikin gw pengen makan terus, alhasil bawaannya pengen makan terus di rumah (apalagi ini weekend!)

Nah, maka dari itu, berhubung gw udah males jajan di luar karena minyaknya yang dipake para penjual jajanan itu pada nggak nyantai (sumpah gw kalo beli jajanan ala buat buka puasa tuh sampe harus pake tissue tiga lapis biar minyaknya berkurang) alhasil gw jadi bikin cemilan sendiri. Apalagi hal ini berkaitan dengan resolusi 2016 gw (try to make the DIY version of foods I usually buy), maka gw jadi seneng banget menghabiskan waktu di dapur.

Gw itu lagi kangen banget sama jajanan masa sekolah, antara lain cimol, cilok, cireng, siomay, batagor, pempek, dan teman-temannya. Tapi berhubung gw lagi males pergi ke supermarket dan sekalinya sempet ke supermarket buat beli wetfood gw selalu lupa buat beli ikan tenggiri dan kulit pangsit, alhasil gw harus menunda untuk bikin siomay, batagor, dan pempek. Mau bikin kulit pangsit sendiri sih sebenernya gampang karena dulu gw pernah bikin kulit pangsit sendiri. Tapi entah kenapa kayaknya pengen yang cepet. Nguleninnya itu lho yang bikin sebel haha.

Jadi, dengan modal bahan yang sederhana, gw akhirnya bikin cireng isi! Yuhuuu~



Bikin cireng itu gampang banget. Yang susah cuma satu: kesabaran buat ngulenin adonan cirengnya. Entah kenapa yang namanya ngulenin itu bikin bete dan sewot kalo kitanya harus balesin email, balesin bbm dan whatsapp dari fans *halah padahal cuma bales-balesan pesan dari temen yang nanya ini itu* Tapi, akhirnya gw mengumpulkan segenap niat dan usaha untuk bikin cireng isi ini.

Kalo cuma mau bikin cireng doang, tanpa isinya, kalian bisa lewatin step buat bikin isi cireng.

Tahap pertama : BIKIN ISINYA!
Masalah isi, tergantung selera kalian. Boleh pake daging cincang, bakso, ayam, jamur, kornet, smoked beef, bacon, atau keju. Pake oncom juga bisa sih, soalnya kan cireng itu makanan sunda, dan oncom juga lumayan terkenal buat masakan sunda. Cocok lah pastinya. Tapi sayangnya gw nggak pernah masak makanan yang ada oncomnya hehe.

Kalo yang gw masak ini, gw pake sosis! Soalnya di rumah ada sosis ayam yang biasanya gw pake buat bikin sop jagung. Intinya sih gw pake bahan yang ada di rumah aja. Terus cara bikinnya gimana?

1. Potong sosis kecil-kecil. Gw pake 3 pcs sosis, Haluskan bawang putih 1 siung dan cincang bawang merah 1 siung. Sisihkan.
2. Nyalain kompor, masukkan 1 sdm minyak ke teflon (gw pake olive oil, tapi pake minyak sayur juga boleh banget), tumis bawang yang sudah dihaluskan lalu masukkan sosis.

Ini sosis yang gw tumis, gw ambil fotonya sebelum gw kasih bumbu
3. Tambahin royco rasa ayam (karena gw pake sosis ayam), tambahin gula sedikiiiit aja, dan merica. Tambahin kecap 1/2 sdt juga, biar rasanya lebih enak. Tumis sampai sosis matang. Sisihkan.

Tahap kedua : BIKIN CIRENGNYA!
Untuk bikin cireng ini, harus pakai air panas supaya adonannya bagus. Jadi, panasin air dulu. Sambil manasin air, siapin tepungnya deh.

Untuk tepungnya ini, gw pake campuran tepung aci/tepung kanji/tepung tapioka, tepung terigu, dan sedikit tepung beras. Sebenernya agak susah untuk ngasih takarannya karena gw juga lebih pake feeling. Tapi gw kasih perbandingannya buat para tepung itu. Perbandingan tepung kanji : tepung terigu : tepung beras nya adalah 5 : 2 : 1. Jadi anggaplah tepung kanjinya 250gr, maka tepung terigunya 100gr dan tepung berasnya 50gr. Kenapa gw tambahin tepung beras? Supaya ada tekstur crispynya. Tapi tepung beras ini juga optional sih. Nggak pake juga gapapa. Oh ya gw pake tepung terigu supaya nggak terlalu alot juga kayak cireng abang-abang gorengan yang harganya seribuan itu.

Buat nambahin rasa di cirengnya, kita campurin bawang putih, garam (atau boleh pake royco dan teman-temannya tapi kalo gw cukup pake garam aja) dan daun bawang. Banyaknya sesuai selera aja.

Setelah airnya panas, kita tambahin air sedikit demi sedikit ke tepung yang udah kita siapkan itu. Masukin airnya dikit-dikit aja karena kita mau bikin adonan yang kalis. Di tahap ini, feeling kita harus bagus. Berhubung kita pake air panas, nggak mungkin kita langsung nyampur tepung dan airnya pake tangan. Pake sendok aja dulu. Nyampurinnya pelan-pelan aja yang penting pasti. Nah kalo sekiranya airnya udah pas dan adonannya udah nggak terlalu panas lagi, siap-siap lah main kotor-kotoran!

Adonan tepungnya harus kalis alias nggak nempel lagi. Buat yang pernah bikin roti, pasti tau kalis yang dimaksud itu seperti apa. Nah, caranya adalah : tangan kita harus ditepungin pake tepung kanji! Nah kita ulenin deh tuh adonan sampe kalis. Kalo adonannya lembek banget, tambahin tepung kanjinya. Gitu terus, tapi jangan banyak-banyak tepungnya. Pokoknya caranya kayak mau bikin roti lah. Tepungnya disebar di adonan kalo adonannya masih nempel dan belum kalis. Pokoknya jangan berhenti sampe kalis! Agak susah jelasinnya sih, tapi kalian caritau aja video cara ngulenin adonan roti supaya kalis, soalnya caranya kurang lebih sama.

Ini cireng yang udah kalis dan udah gw bagi jadi beberapa bagian
Nah, kalo adonannya udah kalis, SELAMAT! Karena perjuangan kalian nggak sia-sia.

Setelah itu, kita bagi adonannya sesuai ukuran yang kita mau, kemudian bulat-bulatkan adonannya, pipihkan, lalu diisi dengan isi yang tadi udah kita buat, lipat, lalu sisihkan. Gitu terus sampe adonannya abis semua.

Cirengnya diisi pake isian yang tadi dibuat.

Tahap ketiga : GORENG CIRENGNYA!

Cireng siap digoreng!
Untuk ngegoreng cireng ini, jangan tunggu minyaknya sampe panas banget lalu dimasukin. Ngegorengnya juga harus pake api sedang. Kalo gw, gw nyalain kompor dan langsung gw masukin cirengnya ke wajan, dan apinya api sedang supaya matengnya bagus. Tinggal ditunggu beberapa menit sampe cirengnya berubah warna dan agak ngegembung. Kalau sudah matang, tinggal ditiriskan deh!


Cirengnya yang gw bikin ini menurut gw rasanya enak, dan mateng luar dalem (nggak ada gumpalan tepung yang masih mentah gitu). Gurihnya juga pas. Kenyalnya pas. Teksturnya pas di mulut.

Cireng isi sosis ala Angel~

Sekedar tips aja nih :
-  Bikin cirengnya harus pake air panas! Kalo pake air dingin pasti lebih susah nguleninnya, bakal susah kecampur rata adonannya.
- Cireng isinya jangan terlalu tipis dan terlalu tebal. Yang sedang-sedang aja. Kalo terlalu tipis takutnya isiannya malah bocor, sedangkan kalo terlalu tebal takutnya malah cirengnya nggak mateng (masih ada tepungnya gitu)
- Ngegorengnya pake api sedang. Jangan pake api besar! Alasannya sama, supaya cirengnya matengnya bagus.
- Kalo mau lebih enak, bikin sambel cocol sendiri. Kalo gw sih nggak perlu pake apa-apa lagi karena rasanya udah pas.

Sebenernya kalo dipikir-pikir tuh bahan baku buat bikin cireng muraaah banget menurut gw. Bikin sendiri pasti rasanya lebih enak dan sesuai selera dibandingkan beli yang udah jadi. Ditambah lagi, kalo kita bikin sendiri pasti lebih terjamin. Kenapa? Soalnya kalo beli di abang-abang kan kita nggak tau tangannya bersih atau nggak saat ngulenin adonannya. Udah gitu minyaknya kan kita nggak tau apakah pake minyak yang "bener" atau nggak. Apalagi beredar berita kalo abang-abang gorengan itu biasanya minyak gorengnya pake plastik. Udah gitu kalo minyak buat ngegorengnya udah item, gimana? Duh~ emang deh mendingan bikin sendiri daripada jajan di luar. Selain lebih hemat, lebih bersih, kita juga dilatih jadi orang yang sabar. Masak itu butuh kesabaran soalnya hehe.

Buat yang mau nyoba, monggo. Semoga berhasil dan rasanya enak! Ciao~

No comments:

Post a Comment