Friday 1 July 2016

Masalah Selera? Ini Rinciannya...

Sesuai dengan judulnya, di postingan ini gw mau sharing mengenai selera gw. Selera apaan? Selera makan? Bukan. Selera dalam hal memilih cowok yang gw jadikan sebagai pacar.

Bukannya sok cantik nih, tapi yang namanya pacar juga kita harus milih-milih. Nggak boleh asal pacarin orang yang sekiranya nggak baik untuk masa depan kita. Tujuannya pacaran kan buat nanti ke jenjang selanjutnya, yaitu pernikahan. Buat yang muslim mungkin nggak boleh pacaran, karena bolehnya ta'aruf. Tapi tetep aja, masa ta'aruf sama orang yang nggak baik untuk masa depan sih? Nah, makanya itu gw mau sharing mengenai selera gw dalam hal 'pria idaman'!

Yang pertama, gw lahir dan dibesarkan di keluarga katolik (bokap katolik, dan nyokap tadinya menganut kepercayaan, lebih tepatnya kejawen. Di KTPnya pun tadinya "kepercayaan" tapi pada akhirnya dibaptis setelah bokap meninggal). Nah, oleh sebab itu gw memprioritaskan pria katolik untuk menjadi pasangan gw, karena faktor orangtua. Tapi pada dasarnya gw bukan orang yang fanatik. KTP gw sih tulisannya katolik tapi jujur, gw adalah seorang agnostik. Gw bukan orang yang mau terikat dengan doktrin dan dogma agama. Jujur, gw maunya punya pasangan yang katolik tapi cara berpikirnya sama seperti gw. Dan gw paling nggak mau punya pacar yang fanatik!

Yang kedua, masalah pendidikan, gw mau yang minimal sarjana dan wawasannya luas. Karena nggak mungkin lah gw punya pasangan yang pendidikannya di bawah gw. Dan kalo bisa, pasangan gw ini harus bisa diajak sharing dan debat masalah isu-isu sosial politik, hukum, musik, dan lainnya. Dan jangan sampe gelar sarjana atau master si cowok ini ternyata cuma sekedar titel dan ternyata nggak tau apa-apa. Nah ini yang susah. Gw adalah seorang sapiosexual. Kalo nggak tau, lebih baik googling deh. Berhubung gw adalah orang yang suka baca, suka nonton berita, suka belajar, dan sebagainya, kadang cowok yang deket sama gw ini susah ngimbangin gw. Apalagi kalo gw udah "kumat" dan ngomongin fisika kuantum, biasanya cowok suka ilfeel sama gw!

Ketiga, masalah fisik, gw nggak peduli-peduli amat. Mau lebih tinggi kek, lebih pendek kek, lebih kurus kek, lebih gemuk kek, gw nggak peduli. Gw bahkan nggak malu pas jalan sama mantan gw yang lebih pendek daripada gw, dan dia juga nggak masalah dengan tinggi badan gw yang lumayan tinggi buat cewek indo ini (gw 173 cm sedangkan dia cuma 165 cm, dan gw suka pake wedges minimal yang 8 cm saat gw masih pacaran sama dia). Yang gemuk banget juga nggak masalah. Intinya gw nggak peduli kalo masalah fisik. Yang penting penampilannya RAPI!

Keempat, calon pasangan gw ini harus suka sama binatang! Sejak kecil gw suka binatang, dan sekarang gw punya 2 anak kucing yang udah beranjak dewasa. Gw pernah pelihara ayam, burung, hamster, anjing, dan landak mini. Gw juga sering ilfeel sama orang yang kasar sama binatang, walaupun itu cuma sekedar kucing kampung yang ngeong-ngeong. Beberapa kali gw ilfeel sama cowok yang pas lagi makan lalu nendang kucing yang ngeong-ngeong. Kadang rasanya pengen gw tendang juga tuh cowok! Dan kalo gw nikah nanti, gw mau punya binatang peliharaan, baik itu anjing maupun kucing, atau bahkan binatang lain (siapa tau suatu saat gw bisa beli kuda, karena gw suka banget sama kuda!) Kalo pasangan gw kasar sama binatang, lah piye? Bisa berantem terus nanti. Binatang yang nggak gw kenal aja kalo disakiin bisa bikin gw marah ataupun nangis, apalagi binatang peliharaan sendiri? Inget aja tuh UU Perlindungan Hewan, intinya jangan sampe pasangan gw melanggar UU itu, kalo nggak gw yang jeblosin dia ke penjara haha.

Yang kelima, ini agak kocak sih, yaitu bisa masak! Emang sih gw suka banget masak, dan temen-temen gw juga banyak yang bilang masakan gw enak (apalagi temen kantor gw yang udah pernah nyobain sop jagung gw, teriyaki gw, spaghetti gw, tumis tofu gw, dll dan temen main gw yang pernah nyobain opor gw, pudding gw, brownies gw, rendang gw, pindang ikan gw, pancake gw, dan lainnya!) Gw mau punya pasangan yang bisa masak juga, supaya nanti bisa masak bareng atau bantuin gw masak. Sukur-sukur kalo nikah ada yang dalam sebulan sekali bikinin gw sarapan haha!

Yang keenam, bisa bahasa asing. Berhubung waktu gw kuliah gw sempet jadi translator bahasa inggris-indonesia dan interpreter bahasa itali-inggris-indonesia, dan sekarang gw lagi belajar bahasa mandarin, maka gw nggak mau kemampuan gw itu akhirnya sirna karena nggak pernah diasah. Ya kalian tau lah yang namanya bahasa asing kalo nggak sering dipake pada akhirnya bisa lupa. Gw nggak butuh pacar seorang polyglot. Gw cuma butuh dia bisa menguasai minimal 2 bahasa, baik itu bahasa indo dan inggris maupun indo dan itali, atau indo dan mandarin. Kalaupun dia nggak bisa, ya minimal mau belajar lah.

Ketujuh, bisa main alat musik. Kenapa? Pertama, karena gw dari kecil main piano, pernah jadi gitaris dan bassist di band metal dan jazz, dan gw pernah belajar biola dan cello, dan sekarang gw lagi menekuni saxophone dan gw nggak mau jadi "penghibur" pacar gw. Gw mau bisa main musik bareng! Yang kedua, cowok yang bisa main musik itu punya nilai plus di mata gw!

Yang kedelapan, punya selera musik yang bagus. Ini penting banget nih! Gw nggak suka sama cowok yang cuma dengerin lagu pop doang, apalagi wawasan tentang musiknya kurang. Cowok yang suka musik jazz punya nilai tambah tersendiri buat gw. Apalagi dia suka Miles Davis, Herbie Hancock, Charlie Parker, Ella Fitzgerald, dan teman-temannya. Dan dia juga harus suka musik klasik! Sekedar curhat nih, gw punya mantan yang ngebanting biola gw dan suatu hari dia memisahkan gw dan biola gw. Dan akhirnya hubungan gw dan dia kandas. Dan dia nggak suka musik. Kadang kalo gw nyetel lagunya Payung Teduh aja suka dia matiin. Kurang ajar emang!

Selanjutnya, yang kesembilan, tau cara berhemat! Mau dia kaya ataupun miskin, kalo bisa berhemat itu artinya dia udah punya masa depan yang bagus buat gw. Gw kadang bisa berhemat dan kadang bisa boros. Tergantung yang "ngebimbing" gw. Kalo pacar gw bisa berhemat, gw jadi kebawa hemat. Sedangkan kalo pacar gw boros, ya gw ikutan boros. Apalagi orang kayak gw kalo pergi suka ngabisin banyak duit. Apalagi kalo udh nraktir temen-temen gw. Gaji sebulan aja bisa habis dalam sehari kok. Tapi kalo lagi hemat, buset deh bisa-bisa gw masuk acara exreme cheapskates!

Kesepuluh, sama-sama nggak suka Chelsea Football Club. Gw ini anti Chelsea sampe mati kecuali Ibrahimovic tiba-tiba masuk Chelsea! Gw memang bukan penggemar bola maupun fanatik soal bola, tapi gw memang nggak suka sama Chelsea! Beberapa kali gw nggak mau ketemu cowok lagi hanya karena dia suka Chelsea. Yang ini emang udah harga mati banget deh, nggak bisa ditolerir! Gw bahkan lebih suka sama cowok yang nggak suka bola. Gila? Biarlah, mungkin memang begitu adanya gw.

Yang kesebelas, masalah zodiak. Gw nggak akan mau sama cowok yang zodiaknya Cancer, Libra, dan Sagitarius. Gw akan lebih memprioritaskan cowok Aquarius, Pisces, dan Gemini. Titik. Makanya kalo dikenalin sama cowok atau mau dicomblangin sama cowok, gw suka nanya dulu, "ulangtahunnya kapan?" dan dari situ gw akan menentukan, sekiranya dia bisa deket sama gw atau nggak. Ada beberapa cowok yang pada akhirnya gw tolak karena masalah zodiak juga. Ujung-ujungnya gw dibilang gila lah, konyol lah, dan sebagainya. Dan akhirnya pernah suatu kali gw akhirnya mengiyakan, tapi tetep aja kandas juga. Pokoknya it's a big NO.

Keduabelas, punya hobi yang sama, baik itu baca buku, main musik, main billiard, main badminton, main candy crush, main capsa, olahraga panahan (iya, gw suka panahan tapi sayang aja biayanya lumayan gede haha), traveling, koleksi pick gitar, intinya ada hobinya yang sama. Jadinya kan enak, bisa main bareng, olehraga bareng, traveling bareng, dll. Dengan menghabiskan waktu bersama, pasti ikatan itu bakal lebih ada. Salah satunya ya dengan melakukan hobi yang sama.

Ketigabelas, masalah manner. Gw paling ilfeel sama cowok yang bunyi kalo makan dan nggak bisa makan pake garpu dan pisau. This is a big turn off for me! Dan gw nggak segan-segan negur cowok yang makannya bunyi di depan gw. Lebih ilfeel lagi kalo dia bersendawa setelah makan! Beneran deh ilfeelnya bisa nggak ilang sama sekali. Kalo makan bareng keluarga gw dengan manner yang kayak gitu, bisa-bisa kena damprat keluarga gw deh! Apalagi kalo nyokap bokap gw masih ada, dijamin cowok itu bakalan di blacklist.

Sisanya? Setia dan bertanggungjawab. Udah itu aja. Yang jadi masalah, sampe sekarang gw belum menemukan yang seperti itu. Sekalinya nemu, dianya jauh, terpisah jarak dan waktu. Dua-duanya pula. Sedih? Nggak juga. Waktunya aja yang belum pas buat gw menemukan orang itu. Lagipula jodoh pasti bertemu kan kalo kata Afgan? Haha!


No comments:

Post a Comment