Monday 7 March 2016

Bikin Churros Itu Simple!

Heyyo!

Di resolusi 2016, aku pernah nulis beberapa poin di dalamnya dan salah satunya adalah "try to make the DIY version of foods I would normally buy" dan aku betul-betul serius dengan poin ini. Yup, ini resolusi tahun baruku yang paling oke dan baru kepikiran olehku di tahun 2016. Coba bayangkan, hobi bisa tersalurkan, bisa menghemat (karena biar bagaimanapun biaya yang dikeluarkan untuk masak itu jauh lebih murah daripada beli di luar. Bayangin aja kalau belinya di mall! Mahal karena pajaknya! Duh), ditambah lagi bisa belajar jadi calon istri dan calon mantu yang baik (masalah nikahnya kapan dan sama siapa ya itu urusan belakangan lah, yang penting siap diperistri aja dulu), dan bisa melatih kesabaran! Yup, melatih kesabaran. Kenapa? Karena banyak orang yang kalau lagi lapar itu suka nggak sabaran. Makanya ada iklan yang mempopulerkan kalimat "lo rese kalo lagi laper" karena kebanyakan orang suka nyebelin kalau lagi lapar! Nah, bayangin aja kalau kalian lapar lalu kalian harus masak dulu. Sedangkan yang namanya masak itu kalau nggak sabaran hasilnya pasti nggak enak dan ada yang kurang!

Nah, berhubung di hari Minggu pagi aku males kemana-mana karena dapat kabar kalau om Ireng meninggal dan disemayamkannya di Dharmais, alhasil aku beneran nggak mau kemana-mana. Aku mau sih ke Dharmais tapi sayangnya aku nggak sanggup karena masih trauma beberapa tahun silam. Yup, aku punya PTSD alias post-traumatic stress disorder. Bayangin, kalau ke Dharmais aku pasti keringet dingin, deg-degan, lemes, dan mau nangis terus karena keinget terus waktu aku harus ngeliat almarhumah. Sedangkan kalau nggak ngelayat ada perasaan menyesal di diriku. Alhasil aku cuma bisa ngirim doa dari rumah. Berhubung aku nggak mau terlalu sedih dan nyesel, alhasil aku memutuskan untuk mengembalikan mood dengan cara MASAK! Berbekal bahan yang sederhana, alhasil aku memutuskan untuk bikin churros!

Bahan-bahannya :

  • air dispenser 1 cup
  • mentega 2 sdm
  • gula pasir 2-3 sdm
  • garam 1/2 sdt
  • tepung terigu 1 cup
  • baking powder 1 sdt
  • telur 1 buah
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara masaknya gampang!


  1. Pertama-tama, rebus air, mentega, gula pasir, dan garam sampai mendidih, jangan lupa diaduk sampai larut semua.
  2. Sambil menunggu airnya mendidih, campur tepung terigu dan baking powder, lalu diayak sampai halus.
  3. Ketika airnya sudah mendidih, matikan kompornya lalu masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk sampai rata. Nah ngaduknya ini harus sabar karena lumayan bikin males dan kalau nggak biasa ngaduk pasti bete! (makanya jangan kebiasaan ngaduk perasaan orang!) Kalau sudah rata, diamkan dulu selama beberapa menit sampai adonannya nggak panas lagi.
  4. Ini penting lho ya, kalian harus nunggu sampai adonannya adem dulu baru kalian masukkan telur! Kalau nggak, nanti telurnya menggumpal kayak scrambled egg gitu. Pokoknya harus sabar! Nah, kalau adonannya memang sudah adem, baru deh kalian masukkan 1 butir telur. Aduk lagi sampai rata. Pokoknya proses ngaduk ini membutuhkan kesabaran deh. Kalau kamu nggak bisa sabar, bisa-bisa churros yang kamu bikin bakalan nggak sesuai dengan harapan
  5. Kalau kalian punya piping bag dengan ujung berbentuk bintang, bersyukurlah. Dengan begitu maka bentuk churrosmu akan sempurna. Tapi kalau nggak punya juga nggak apa-apa. Kalian bisa pakai plastik bening yang dipotong ujungnya. Masukkan adonan yang tadi ke piping bag atau ke plastik.
  6. Panaskan minyak goreng. Nah ini yang lumayan greget. Ketika minyak udah panas, kalian goreng churrosnya. Kan adonannya udah dimasukin piping bag atau plastik yang ujungnya digunting itu, nah kalian tinggal pencet piping bagnya aja sampai adonannya keluar lalu kalian potong adonannya kalau panjangnya sudah sesuai selera kalian. Potongnya bisa pakai gunting maupun pakai sendok biasa kok. Tapi hati-hati kecipratan minyak ya!
  7. Goreng sampai kecoklatan lalu ditiriskan
Kalau kalian punya gula bubuk dan kayu manis/cinnamon bubuk, kalian bisa campurkan gula dan cinnamon lalu kalian gulirkan si churros yang sudah digoreng ke campuran gula dan cinnamonnya. Kalau aku sih nggak mau pakai gula lagi karena bakalan dicocol ke coklat hehe.

Kalau kalian mau pakai coklat, kalian bisa pakai campuran dark cooking chocolate, milk cooking chocolate, dan unsalted butter yang dilelehkan. Kalau kalian mau yang simple, mungkin bisa pakai susu kental manis. Tapi akan jauh lebih enak pakai coklat beneran!

Berikut penampakannya si churros....



Bentuknya memang agak absurd karena aku pakai plastik biasa (kalau pakai piping bag bentuknya akan jauh lebih bagus) Tapi rasanya? Dijamin nggak kalah sama churros-churros yang dijual di mall-mall deh! Aku berani jamin luarnya crispy tapi di dalamnya lembut. Udah gitu, jauh lebih murah pula! Bahan-bahannya gampang didapatkan, murah, dan cara membuatnya nggak susah! Cuma dibutuhkan kesabaran kok hehehe :D

Kalian juga bisa berkreasi dengan churrosnya. Bisa kalian kasih topping ice cream lalu kaliah kasih marshmallow. Pokoknya kalian bisa berkreasi deh kalau kalian bikin sendiri! Beda halnya kalau beli di mall yang toppingnya terbatas. Udah gitu kalian bisa bikin churros dengan jumlah yang sesuai dengan keinginan kalian! Sampai mabok churros pun nggak masalah! :P

Selamat mencoba dan membuktikan ke diri kalian sendiri kalau kalian bisa masak! Yeay! Ci vediamo ragazzi! :)

No comments:

Post a Comment