Sunday 20 March 2016

Ophelia Nefertiti Addams

Jadi tanggal 18 Maret kemarin, gw mendapatkan kado istimewa dari adik kesayangan gw (adik ketemu gede), si Tama. Gw dikasih KUCING!!! Tama tau kalau gw mau ngadopsi kucing, makanya dia nyariin gw kucing dan dia latih sedikit sebelum dikasih ke gw. Sebenernya gw udah lama sih pengen pelihara kucing hitam. Tapi gw nggak mau kucing ras gitu. Dan gw lebih mau pelihara kucing yang sama nasibnya kayak gw, yaitu yatim piatu.

Setelah berbekal nunggu berjam-jam di kosan sohib gw, Uchie, akhirnya gw berhasil membawa si kucing naik motor ninja dari Pulomas ke Slipi. Yup, naik motor ninja nya driver GrabBike. Itupun naik GrabBike gratis karena dipesenin GrabBike sama Tama (karena lagi ada promo naik GrabBike gratis bagi pengguna baru)

Daaaan, si kucing ini gw kasih nama Ophelia Nefertiti Addams!

Pas gw pulang ke rumah, kan udah dikunci tuh, nah pas keponakan gw bukain pintu, dia dengan bingung bertanya, "kok ada suara kucing ya?" dan dibelakang keponakan gw ada pembokat gw yang menanyakan hal serupa, "mbak Angel, kok ada suara kucing?" dan mereka langsung nengok-nengok ke teras dan melihat kandang berwarna biru.

Untungnya kakak gw (si Katrin) udah nggak tinggal bareng gw lagi. Kebayang nggak tuh kalau dia yang bukain lalu dia dengan santainya nyuruh gw ngelepas Ophelia di alam liar? Kakak gw kadang-kadang suka nggak ada hati soalnya. Dulu gw pernah bawa pulang seekor anak ayam, dan kakak gw nyuruh gw ngelepas dia di depan pagar. Pernah juga gw beli hamster (namanya Norman) tapi kakak gw juga nyuruh gw ngebuang si hamster. Bahkan Katrin pernah ngelepas landak piaraan (namanya Duren, seekor mini hedgehog) di kebon orang. Bukan main kejamnya...

Udah gitu kebetulan kakak gw yang satunya lagi (Maria) lagi keluar kota. Jadi pas gw bawa pulang Ophelia, nggak ada yang marah-marah. Si Maria ini nyebelin soalnya. Dulu kita punya seekor anjing (warna hitam full body juga) dan dia ngawinin si anjing bernama Ciripa ini (dulu dikasih nama Umul tapi dia malah sakit dan giliran diganti namanya jadi Ciripa dia malah ceria banget, berasa jadi pemain Carita de Angel banget deh) ke temennya, dan dia nggak pernah nanyain si Ciripa ke temennya ini sampai waktu itu dia bilang, "temenku yang ngawini Ciripa sama anjingnya udah meninggal, aku nggak tau lagi kabarnya si Ciripa." JEGEEERRR!

Back to main topic... Si kucing ini lincah banget! Dia doyan banget kesana kemari. Umurnya masih 2 bulan. Dia memang kucing lokal alias kucing kampung. Tapi kelakuannya nggak kampungan! Dia udah bisa pup dan pee di litter box lho. Tapi berhubung usianya baru 2 bulan (kalau manusia tuh ibaratnya masih balita, usia kucing 2 bulan itu kurang lebih sama dengan manusia 3 tahun), dia masih suka main. Seneng banget nyakar-nyakar dan gigit-gigit gitu deh.

Ophelia Nefertiti Addams

Ophelia ini doyan banget ngegigit benda bergerak. Salah satunya tangan dan kaki gw. Gw sempet cemas banget kemarin karena gw pakai kuteks dan dia ngegigit jari gw. Gw takut dia malah kenapa-kenapa karena keracunan kuteks :(

Tapi beneran lho, dia ini sama sekali nggak bisa liat benda bergerak. Dia pasti langsung ngejar atau ngegigit dan nyakar si benda bergerak itu. Bayangin aja, gw lagi teleponan sama temen gw dan gw (seperti biasa) menggerakkan tangan gw kesana kemari karena gw kebiasaan menggerakkan tangan ketika bicara sejak dulu. Nah alhasil si Ophelia ini malah nerkam tangan gw. Bukan main lincahnya...

Ophelia ini lincahnya bukan main, sampai dia pernah lari dari pojok ke pojok kamar gw tanpa alasan yang dimengerti oleh gw. Udah gitu kalau dikasih bola pingpong suka kelabakan sendiri kesana kemari. Sebenernya ini bagus sih, berarti dia nggak stress (kayak gw). Tapi ya itu, gw kadang suka kewalahan sendiri.

Ophelia nggak pernah membiarkan gw tidur nyenyak. Pas malam pertama dia di rumah gw, dia tidur nggak lama tapi beberapa kali doang. Itupun tidurnya cuma 10 menitan. Itupun pas dia tidur gw masih berkutat dengan laptop. Giliran dia udah bangun, gw yang pengen tidur tapi dia malah kesana kemari nggak jelas kayak gw kalau lagi banyak duit.

Sebenernya ada banyak sisi positif dalam memelihara kucing, antara lain:

  • Ada yang nemenin selama di rumah. Di rumah gw sih memang ada beberapa orang. Tapi kebanyakan pada sibuk dengan dunianya masing-masing. Dengan adanya kucing di rumah, gw jadi ada yang nemenin.
  • Ada hiburan. Apalagi kalau si kucing udah mulai bertingkah. Ga perlu nonton sirkus buat lihat hiburan dari binatang. Ngeliat dia bergulingan, mainan ini itu, lari kesana kemari, semuanya bikin jadi seneng!
  • Lebih bertanggung jawab. Ini yang paling gw rasain. Gw jadi bisa bertanggung jawab karena ada 'anak kecil' lain yang harus gw urus. Harus gw kasih makan, harus gw bersihin litter box nya, harus gw mandiin, dan harus gw bawa ke dokter hewan (pokoknya harus ke vet dua kali dalam setahun walaupun nggak sakit)
  • Gw jadi lebih peka dengan si kucing. Gw jadi mempelajari gesturenya, jadi tau meongannya kalau lagi lapar atau lagi pengen main.
  • Bisa jadi obat antidepresan! Gw yang biasanya stress karena banyak pikiran akhirnya bisa terhibur dengan si kucing!
  • Jadi jarang keluar rumah. Kalau mau keluar rumah, itupun nggak lama. Bawaannya waswas, takut Ophelia kenapa-kenapa. Kalaupun harus keluar dalam waktu yang lama, yang ada di otak gw hanya Ophelia doang
  • Gw nggak terlalu memikirkan masalah percintaan. Gw nggak perlu mikirin mantan yang udah nikah, udah meninggal, udah punya cewek baru, udah sukses, maupun yang udah hidup sengsara. Bahkan gw nggak perlu memikirkan gebetan yang nun jauh disana.
  • Gw jadi lebih rapi dan bersih. Nggak ada lagi tuh buku berserakan di lantai! Gw juga nyapu dan ngepel sendiri, bukan dengan bantuan asisten rumah tangga karena 'feel'nya lebih dapet. Udah gitu gw rajin cuci tangan. Kalau mandi mah nggak usah ditanya, udah pasti dua kali sehari.
  • Jadi rajin! Rajin bikin mainan kucing sih kalau gw hehehe. Bahkan gw bikin scratching post dengan tali tambang pramuka bekas gw sekolah dulu dan beberapa kaleng pringles!
Dibalik sisi positif, pasti ada sisi negatif. Kurang lebih ini yang gw rasain:
  • Gw jadi nyolot kalau ada yang memperlakukan kucing dengan seenaknya! Apalagi pas liat ada orang nendang kucing di tempat makan pinggir jalan gitu. Kucing itu juga butuh makan kaleee! Apa salahnya ngasih tulang atau sebagian kecil dari makanan kalian?
  • Kalau diajak jalan-jalan, pasti gw lebih memilih untuk diam di rumah, baca buku, nemenin Ophelia, ngasuh Ophelia. Intinya nggak akan keluar rumah dalam jangka waktu yang lama kalau tujuannya nggak penting (kecuali tujuannya nyari duit, karena tanpa duit, Ophelia nggak bisa makan enak!)
  • Kurang tidur. Anggep aja gw udah jadi mahmud abas (maMAH MUDa Anak BAru Satu) dan gw nggak bisa tidur kalau dia udah meong-meong ngajak main.
  • Jadi punya bekas cakaran di beberapa bagian tubuh yang terlihat. Contohnya di tangan dan di kaki.
  • Baju dan celana gw juga jadi banyak bekas cakarannya. Bayangin aja, tanktop gw udah pada jadi korbannya Ophelia haha.
  • Gampang baper! Coba aja pelihara kucing, pasti nanti gampang baper alias keBAwa PERasaan. Apalagi kalau udah kebiasaan diusek-usek sama si kucing. Sekalinya dia nggak mau dielus atau nggak ngusek-ngusek badan, pasti jadi berasa kangen!
  • Bawaannya selalu pengen ke petshop cari keperluan untuk kucing. Tapi hal ini udah gw siasati! Gw bikin sendiri mainannya Ophelia. Pokoknya serba DIY deh!
Oh iya, kenapa gw pilih kucing hitam untuk gw adopsi? Kurang lebih beginilah alasannya:
  • Kucing hitam itu paling jarang diadopsi! Coba aja ke shelter/penampungan kucing. Biasanya kucing yang warna hitam full body itu nggak dipilih sama orang-orang untuk diadopsi!
  • Gw mau mematahkan mitos bahwa kucing hitam itu bawa sial. Buktinya gw malah ngerasa beruntung padahal gw makan, tidur, dan beraktivitas bareng Ophelia tuh. Padahal dia kucing hitam lho!
  • Warna hitam adalah warna favorit gw! Gw menyukai hal-hal yang berwarna hitam, kecuali ilmu hitam karena ilmu hitam itu musyrik haha.
Kalau kalian mau pelihara kucing, lebih baik kalian jangan beli! Lebih baik kalian adopsi aja. Nggak ada salahnya kok kalau mengadopsi kucing. Kucing yang tadinya hidup susah bisa hidup lebih baik kalau kalian rawat dengan benar. Hitung-hitung pahala deh. Lagipula kan kucing adalah binatang kesayangan nabi Muhammad (CMIIW, soalnya gw tau dari temen gw yang moslem).

Black cats steal heart, not soul!

No comments:

Post a Comment